Cara Penuli「American gambling」san Huruf Kapital Bahasa Indonesia

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Platform judi biasa

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Penulisan nama agama, kitab suci, Tuhan, maupun kata gantinya harus ditulis dengan huruf kapital, baik itu di depan kalimat, di tengah, atau di akhir kalimat. Contohnya seperti: 

Baca juga: Fungsi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional

KOMPAS.com - Bahasa Indonesia adalah bahasa yang memiliki tata kalimat dan penulisan dengan ejaan yang telah disempurnakan.

Kata yang menunjukkan anak dari seperti bin, binti, dan van juga tidak ditulis dalam huruf kapital. Misalnya:

Huruf pertama di awal kalimat selalu ditulis menggunakan huruf kapital, baik kata tersebut adalah nama, kata ganti, partikel, singkatan, akronim, kata dasar, maupun kata berimbuhan.Contohnya:

Dilansir dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, cara penulisan huruf kapital dalam bahasa Indonesia diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 50 tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia sebagai berikut:

Mohammad Hatta, Ahmad Yani, Gajah Mada, Dewa Kipas, Kopral Jono, Antoni van Leewenhok, dan Mail bin Ismail.

Baca juga: Kata Umum dan Kata Khusus dalam Bahasa Indonesia

Huruf pertama nama ataupun julukan seseorang selalu ditulis dengan huruf kapital. Namun nama binatang dan tumbuhan tidak ditulis dengan huruf kapital.

Penggunaan tanda petik biasanya dilakukan saat mengutip sumber, judul, maupun menuliskan kalimat langsung. Huruf pertama dalam tanda petik harus ditulis dalam huruf kapital.Misalnya:

Dalam bahasa Indonesia terdapat huruf kapital dan huruf kecil. Misalkan nama huruf awal nama orang maupun kota harus selalu ditulis dalam huruf kapital baik di awal, di tengah, ataupun di tengah kalimat.